LAPORAN KULIAH LAPANGAN
KE RADIO REPUBLIK
INDONESIA CABANG YOGYAKARTA
Latar Belakang RRI
:
Radio Republik Indonesia merupakan
Lembaga Penyiaran Publik milik bangsa Indonesia didirikan pada tanggal 11
September 1945. Radio Republik Indonesia sampai tahun 2009 memiliki 59 stasiun
penyiaran tersebar di seluruh Indonesia serta ditambah 1 stasiun penyiaran
Siaran Luar Negeri yang dikenal dengan Voice Of Indonesia. Pada sebuah stasiun
penyiaran RRI di kota besar biasanya terdapat 4 programa antara lain PRO1, PRO2,
PRO3 dan PRO4. Segmentasi PRO1 Ragam Musik dan Informasi, PRO2 Gaya Hidup, PRO3
Jaringan Berita Nasional, PRO4 Pendidikan dan Budaya, sedangkan Voice Of
Indonesia siaran luar negeri yang coverage areanya mencakup Eropa, Timur
Tengah, Afrika, Asia Pasifik, Australia, dan Amerika.
HASIL KUNJUNGAN KE RRI
YOGYAKARTA :
Laporan
ini dihasilkan dari kuliah lapangan mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran
Yogyakarta - mata kuliah jurnalistik
radio, yang dalam hal ini dilakukan untuk memahami praktik jurnalistik radio.
Ada beberapa presentasi singkat dari pihak RRI Yogyakarta dan juga observasi
langsung ke beberapa studio yang dimiliki RRI Yogyakarta :
Presentasi RRI
Yogyakarta
:
Didalam
presentasi ini RRI menjelaskan tentang struktur organisasi yang dijelaskan kepada
mahasiswa.
Adapun
bagian-bagian yang dijelaskan sebagai berikut :
-
Bidang Sumber Daya
Energi (Membidangi masalah pemancaran, sarana dan prasarana, stereo multimedia)
-
Divisi Pemberitaan (
kasi liputan & dokumentasi, kasi olahraga , kasi pengembangan berita
RRI
Yogyakarta memiliki beberapa stasiun pemancar untuk Programa 1,2,4 berada di
stasiun seturan dan kaliurang. Sedangkan Programma 3 langsung dari RRI Pusat di
Jakarta.
RRI
memiliki 4 program pemeberitaan yang disesuaikan dengan segmentasi pendengarnya
:
1. Programma
1 (Pro 1) dengan frekuensi 91,1 Fm : Program ini merupakan segmen yang
ditujukan untuk semua khalayak / umum
2. Programma
2 (Pro 2) dengan frekuensi 102, 5 FM : Program ini berisikan tentang gaya hidup
kaula muda yang memang ditujukan untuk segmen pendengar anak mudia usia dar
15-30 Tahun.
3. Programma
3 (Pro 3) dengan frekuensi 102,9 FM : Program ini merupakan produksi dari RRI
Pusat Di Jakarta yang juga berisi Berita 24 Jam.
4. Programma
4 (Pro 4) dengan frekuensi 11,07 AM : Program ini berisi tentang siaran
kebudayaan, misalnya siaran wayang kulit. Program ini memiliki segmen
masyarakat kelas bawah yang menyukai dengan tradisi dan budaya-budaya .
Adapun
beberapa pengurus dari bagian pemeberitaan juga diperkenalkan diantaranya :
-
Kepala Seksi Liputan
& Dokumentasi - Ibu Umi
-
Kepala Seksi Olahraga –
Bpk. Ernald Rosa
-
Kepala seksi
pengembangan berita – Ibu Cristina
Penjelasan Tentang
Format Produksi Jurnalistik :
RRI
Yogyakarta memiliki beberapa produksi
acara yang memiliki kekhasan sendiri dengan RRI di Wilayah lain. Karena RRI
sendiri memang menyesuaikan produksi acaranya sesuai daerah-daerah regionalnya
untuk Pro 1, Pro 2 dan Pro 4.
Ada
beberapa format Produksi jurnalisitik yang dilakukan oleh RRI Yogyakarta :
v Produksi
Akhir Tahun (Kaledioskop) merupakan rangkaian acara, berita/peristiwa yang
terjadi selama 1 tahun, biasa diproduksi diakhir tahun (bulan desember)
v Jurnal
: merupakan catatan harian
v Majalah
Udara : merupakan kemasan jurnalistik yang memuat hiburan, berita serius &
non serius, kuis, dll. Di RRI Yogyakarta ini dinamakan “Dinamika”
v Wawancara
v Talkshow
v Komentar
=merupakan penjaringan pendapat dari berbagai media
v Berita
Umum dan Berita Jawa
Ada
2 asal usul berita yaitu peristiwa dan manusia sebagai narasumber.
Penjelasan tentang
Pengembangan Berita :
Dari
format produsi jurnalistik yang ada , maka RRI mengembangkannya lagi kebeberapa
segmen acara :
Ø Dialog
interaktif
Ø Dimensi
(Dialog Menjelang Siang)
Ø Dialog
16 (dialog pada sore hari tepat pukul 16.00
Ø Warung
Partai politik yang akan dilakukan menjelang pemilukada Yogyakarta (bagian dari
pengembangan berita)
Ø Sambung
rasa (acara ini dilakukan sekali dalam 2 bulan)
Adapun
acara-acara yang sifatnya insendintal :
Ø Acara
Haji – Disiarkn bertepatan pada musim haji
Ø Sekolah
Baru – Disiarkan dengan musim pendaftaran siswa baru bertujuan memberikan
informasi terkini kepada masyarkat
Ø Nuansa
Ramadhan – musim bulan puasa
Ø Suara
Pers – merupakan editorial dari pers terhadap opini dari suatu fenomena
Untuk acara-acara di RRI Yogyakarta sendiri dapat dilakukan
inovasi. Inovasi ini bertujuan untuk menyesuaikan acara dengan era,trend,
dengan apa yang sedang berkembang di masyarakat. Untuk masalah peliputan
berita, reporter RRI diberikan keleluasaan apabila menurut reporter berita yang
dimiliki mempunyai nilai berita yang lebih tinggi.
Untuk
Gaya Pemberitaan di RRI didasarkan pada asas independensi (tidak berpihak) dan
untuk semua golongan. Maka dari itu agenda setting berita dan acaranya
disesuaikan dengan visi-misi RRI yang juga mengutamakan berita jangan sampai
membuat masyakarat resah (hindari provokasi berlebihan).
Kunjungan Studio dan
Ruang Kerja :
Mahasiswa
juga diperkenankan mengunjungi beberapa studio untuk melihat langsung
cara-kerja dan produksi radio. Diantaranya yang dikunjungi adalah :
ü Studio
Multi Purpose (Serba Guna) = studio ini dipakai bila ada acara-acara seminar,
talkshow, acara music yang dapat disiarkan langsung atau tunda. Adapun
kelengkapan yang dimiliki oleh studio ini adalah mixer, microphone, alat
multimedia, dan pendubbing suara.
ü Studio
Tradisional : Studio ini biasa dipakai untuk acara wayang kulit dan pertunjukan
gamelan. Hal ini dapat dilihat dari kelengkapan alat music jawa yang sangat
banyak di dalam studio ini.
ü Ruang
Kerja dan Matrikulasi jadwal : Ruang ini digunakan dalam penyusunan naskah
siaran, pembagian jadwal reportase, pengumpulan dan editing hasil sreportase
siaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar