Source: http://caramembuat524.blogspot.com/2014/01/cara-agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html

Minggu, 06 Mei 2012

Dasar - Dasar Public Relations


Proses Manajemen Publik Relations

Seiring dengan pesatnya perkembangan lingkungan luar organisasi yang menuntut organisasi untuk bisa beradaptasi dengan cepat, kebutuhan praktek public relations di dalam organisasi juga semakin meningkat. Organisasi yang melakukan persiapan (strategi dan perencanaan ) akan berbagai kemungkinan yang dihadapi akan lebih cepat dan efektif dalam memberikan respon. Center dan Jackson menjelaskan klasifikasi persiapan terbaik mencakup tiga poin utama, yaitu:
1)            Memahami bisnis, operasi dan tujuan organisasi kita dan klien      secara sempurna.
2)            Pelajari sebanyak mungkin berbagai hal yang berhubungan dengan public karena keberhasilan organisasi sangat bergantung pada public.
3)            Tempatkan pemahaman dan pengetahuan tersebut dalam sebuah rencana strategi formal.
Dengan adanya persiapan, respon yang diberikan akan lebih tepat dan sesuai dengan kasus yang dihadapi oleh organisasi.
Menurut Cutlip, Center dan Broom, ada empat langkah proses penyelesaian masalah public relations, yaitu defining the problem ( or opportunity), planning and programming, taking action and communicating, dan evaluating the program.

  1. Defining the problem ( or opportunity )
Langkah pertama meliputi memperhatikan dan mengawasi pengetahuan, opini, sikap, dan prilaku pihak-pihak yang berhubungan dan terpengaruh oleh sikap dan kebijakn sebuah organisasi. Langkah ni lebih merupakan sebuah fungsi intelegensi organisasi, karena memberikan landasan bagi langkah-langkah berikutnya dari proses penyelesaian masalah. Oleh karena itu, langkah ini dikenal dengan istilah fact finding and data gathering
( Center & Jackson 1995 ).
  1. Planning and Programming
Ketika praktisi public relations telah berhasil mendefinisikan masalah melalui serangkaian penelitian dan analisis, informasi yang dikumpulkan pada tahap pertama digunakan untuk merencanakan strategi dan program dalam upaya menyelesaikan masalah. Tahap kedua juga mencakup menerjemahkan temuan pada tahap sebelumnya kedalam kebijakan dan program organisasi. “berdasarkan pada apa yang kita ketahui mengenai situasi, apa yang seharusnya kita ubah, lakukan dan katakan ?” (“based on what we know about the situation, what should we change or do, and say.?”)

  1. Taking Action and Communicating
Berdasarkan perencanaan strategis yang telah dipersiapkan dan disetujui, implementasi program aksi dan komunikasi yang dirancang untuk sasaran spesifik bagi masing-masing public dilakukan untuk mencapai tujuan program. Pertanyaan pada tahapan ini adalah “Siapa yang seharusnya melaksanakan dan mengatakannya, dan kapan, dimana dan bagaimana? (‘who should do and say it,and when, where and how?”)

  1. Evaluating the program
Langkah terakhir meliputi menilai persiapan, implementasi, dan hasil pelaksanaan program. Perubahan ketika program sedang dilaksanakan dilakukan berdasarkan evaluasi respon atas apakah sebuah program berjalan dengan lancar atau tidak. Program dilanjutkan atau diberhentikan setelah dipelajari, “Bagaimana hasil dari upaya yang kita lakukan?” (“How are we doing, or how did we do?)

Program kerja Publik Relations pada sebuah perusahaan / organisasi
Di dalam sebuah perusahaan diperlukan adanya sebuah perencanan atau program kerja, apa yang harus mereka kerjakan kedepannya untuk menjadikan sebuah perusahaan kembali dipercaya oleh masyarakat dan dapat berjalan sesuai target perusahaan. Disini seorang public relations harus mampu membuat sebuah program kerja yang mampu mengangkat suatu citra perusahaan.
Suatu perusahaan makanan ringan yaitu Tela-tela pernah mengalami suatu keadan dimana mereka harus membuat suatu terobosan atau program agar perusahaan dapat kembali dipercaya oleh masyarakat. Perusahaan mulai memperhatikan apa yang saat ini sedang dipikirkan masyarakat mengenai perusahaan Tela-tela, dan juga memperhatikan permasalahan yang ada di dalam perusahaan. Selanjutnya perusahaan mulai melakukan sebuah rencana dan program, perusahaan memiliki rencana untuk mengubah suatu tata ruang dan perubahan pada warna- warna cat dinding perusahaan. Kemudian melakukan sebuah kegiatan yang melibatkan warga masyarakat untuk dapat bergotong royong didalam membersihkan lingkungan agar tercipa lingkungan yang indah. Hal ini juga merupakan tujuan perusahaan untuk dapat mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar. Program ini direncanakan akan dilaksanakan pada saat hari libur dimana masyarakat dapat dengan maksimal untuk ikut serta. Kemudian perusahaan mulai bergerak dan menginformasikan kepada masyarakat mengenai kegiatan resebut. Setelah semuanya berjalan dan disetujui oleh semua pihak yang terlibat., perusahaan. Tindakan terakhir dari perusahaan ialah mengevaluasi semua kegiatan, akhirnya apa yang telah dilakukan oleh perusahaan Tele-Tela dan program-program berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar