A.
- Latar Belakang Produk
Produk ini dibuat untuk memberikan kenyaman lebih kepada para pecinta
alam/ para pendaki gunung dalam penggunaan tas gunung dan memberikan kenyaman
dalam membawa alat-alat perlengkapan mendaki gunung kedalam satu alat yaitu tas
gunung/carrier. Dari pengalaman para pengguna tas gunung, mereka menerangkan
bahwa banyak tas-tas gunung yang mereka gunakan mudah sobek dan terkadang
ketika terkena air hujan, kain meresap air sehingga masuk ke dalam tas,
kemudian menjadi mudah cepat rusak. Ketika membuka bagian dalam tas
barang-barang bawaan menjadi lembab dan makanan menjadi berbau. Bahu mereka
juga dapat menjadi sakit karena bahan busa yang kurang berkualitas. Oleh karena
itu muncul suatu ide untuk membuat Tas Gunung/ Ransel (Carrier) yang tahan
terhadap air hujan, tidak mudah bau dan lembab pada bagian dalam karena memakai
bahan khusus dan tentunya mengedepankan keselamatan pendaki.
- Kategori Produk
Produk ini dibuat dalam satu jenis kategori, yaitu dalam
kategori Tas Gunung/Carrier.
- Posisi Produk
Posisi produk adalah mengikuti produk yang sudah ada ( Follower) ,
namun lebih mendalam pada pengembangan/ lebih disempurnakan dari produk yang
sudah ada.
- Keunggulan Kompetitif
Produk
Keunggulan dari
Tas Gunung/ Ransel (Carrier) ini adalah tahan terhadap air hujan dan air tidak
meresap kedalam tas, tidak mudah bau dan lembab pada bagian dalam karena
memakai bahan khusus dan tentunya mengedepankan keselamatan pendaki.
- Proses produksi
Proses produksi dilakukan di pabrik
dengan tenaga para pengrajin tas
lokal plus beberapa
orang teknisi. Untuk bahan
baku busa diambil dari bahan lokal, namun untuk kain bagian dalam dan luar bahannya diimpor dari luar negeri.
- Cara Menggunakan
Produk
Cara
penggunaan tas gunung sama seperti biasa. Tas ditaruh pada bagian
punggung/ belakang.
- Nama Produk (MERK)
a.
Latar Belakang Merk
Nama produk ini adalah Resistech. Latar belakang dari merk ini adalah
mengambil dari bahasa inggris resis yang berarti suatu ketahanan yang kemudian diperindah dengan tambahan kata
tech. selain mudah untuk didengar, juga untuk menjadi ciri khas yang
menandakan bahwa ini adalah produk unggulan dari perusahaan.
b.
Arti Merk
Arti dari resistech sendiri adalah dari kata resis dan tech. Resis
berarti ketahanan
yang melambangkan tas gunung yang memiliki ketahanan air dan gesekan. Tech merupakan kata tambahan untuk memperindah,
tech sendiri yang berasal dari technologi.
c.
Warna Merk
Warna dasar dari produk ini sendiri adalah hitam. Hitam dipilih karena
melambang kan suatu produk yang
memiliki suatu kehebatan.
d.
Logo Merk
Logo merk adalah bentuk arah mata angin di dalam suatu lingkaran
e.
Bentuk Merk
Bentuk Merk
yang ditulis menggunakan huruf harlow solid italic melambangkan suatu kesatuan
yang utuh tanpa ada perpecahan.
f.
Filosofi logo
Logo arah mata
angin yang berada di dalam sebuah lingkaran adalah melambangkan bahwa didalam suatu pendakian selalu
ditunjukkan pada jalan yang benar dengan melihat kompas. Kemudian tambahan
tagline “always be explore” dengan menggunakan huruf bauhaus 93 melambangkan
kebebasan kita dalam menjelajaahi alam.
- Positioning Merk
a.
Citra
“Priority of Safety and Resilience”
b.
Personality
Produk ini dibuat dengan membentuk citra produk yang tahan akan gesekan, benturan, pastinya
mengutamakan keselamatan bagi penggunanya, serta tas yang tahan air, tidak bau
pada bagian dalam,dan mudah untuk dibersihkan. Inovasi
ini yang diharapkan dapat menjadi citra di produk ini dan yang selalu melekat di pikiran konsumen.
- Nama Perusahaan
Nama perusahaan ini adalah PT. Asri Senjaya
a.
Bidang Usaha
Perusahaan ini bergerak di bidang industri outdoor activity, tas gunung/carrier. Sebuah pabrik yang mempekerjakan beberapa pengrajin tas lokal.
b.
Klasifikasi usaha
Perusahaan ini
adalah perusahaan yang bergerak di industri outdoor
activity, tas gunung/carrier. Untuk saat ini
memfokuskan pada pembuatan tas gunung.
c.
Bentuk Perusahaan
Bentuk dari perusahaan ini adalah PT (Perseroan Terbatas)
d.
Proyeksi Perusahaan
Kedepannya
perusahaan ini mempunyai proyeksi untuk menjadi salah satu penghasil dan pemasok tas gunung yang terbesar
di Indonesia bahkan Internasional.
B. Prospektus
- Demografi
a. Usia
Segmentasi produk ini untuk usia 20 –
40 tahun. Orang-orang di usia itu cenderung lebih tertarik pada hal baru serta
tantangan.
b. Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan yang
diharapkan adalah para Mahasiswa dan lulusan
S1.
c. Jenis Kelamin
Untuk laki-laki maupun
wanita, karena memang tidak mempunyai batasan.
d. Sosial Ekonomi status
Golongan yang diharapkan
adalah kelas A, dimana kelas menengah keatas yang menggunakan produk ini.
e. Letak Geografis
Produk ini dipasarkan
dikota-kota besar di Indonesia, Pemilihan konsumen di kota-kota besar karena
memang konsumen di kota-kota besar lebih banyak yang berasal dari golongan
menengah ke atas.
- Psikografis
a. Gaya hidup
Konsumen yang berasal dari kota besar,
yang cenderung memiliki gaya hidup yang menyukai kenyaman, lebih tertarik dan
senang pada suatu tantangan dan memiliki gaya hidup yang cenderung selektif.
b. Budaya yang Dianut
Konsumen yang diincar adalah konsumen
yang memiliki gaya hidup tinggi. Lebih kepada
konsumen yang selektif daripada konsumen yang konsumtif.
- Pola
Pembelian
a. Grosir/eceran
Produk ini tersedi pada
toko-toko outdoor pada semestinya dan tidak menganut sistem eceran.
b. Cash/kredit
Pola pembeliannya
dilakukan dengan cash atau tunai.
- Perilaku
Konsumen
Konsumen yang
membeli produk ini memiliki berbagai macam motif, baik mereka yang memang
membutuhkan. Konsumen yang diincarpun adalah para konsumen yang memiliki gaya
hidup selektif, yang suka membeli berdasarkan perasaan “butuh”. Konsumen yang
diincar adalah konsumen yang berdomisili di kota-kota besar karena orang-orang
di kota itu juga memiliki gaya hidup selektif serta mengutamakan keselamatan
dalam beraktifitas.
C. Rencana
Komunikasi Pemasaran Terpadu
- Posisioning
Pesan
“priority of safety and resilience”
Penempatan isi pesan dalam
iklan ini baiknya pada media internet, dan cetak, dimana memang sebagian besar
para organisasi dan komunitas pecinta alam menghabiskan waktu pada media itu
atau paling sering menggunakan media itu.
- Sasaran
Pesan
Sasaran iklan ini kepada
para Organisasi/komunitas pecinta alam yang ada dikampus serta orang-orang yang
hobi mendaki gunung.
- Strategi
komunikasi
Menggunakan komunikasi kelompok, dan komunikasi organisasi karena
produk ini memang akan diperkenalkan bagi kalangan komunitas maupun organisai pecinta alam
- Strategi
Media
Lebih kepada media lini atas seperti
internet dan majalah karena media-media ini merupakan media favorit bagi
organisasi/komunitas pecinta alam saat ini.
- Budgeting
Untuk kegiatan
selama 1 tahun:
1) 3 bulan pertama, dilakukan perkenalan produk lewat
iklan di internet dan Majalah dengan biaya 50 juta rupiah.
2)
3 bulan berikutnya Mengadakan
Event Akbar. Lomba Lintas Lembah dan Bukit se-Jawa, Sumatra, dan Kalimantan
yang diadakan secara bergantian. Dengan biaya 100 juta rupiah
3) 6 bulan terakhir, membuat event yang isinya
tentang produk ini. Bisa membuat games-games atau melakukan sharing dengan para
organisasi ataupun komunitas pecinta alam..
- Implementasi
Pesan pada Media
Pesan berupa tagline “always be explore”
- Program
Komunikasi
a. Acara
Mengadakan Event Akbar. Lomba Lintas Lembah dan Bukit
se-Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Yang diadakan secara bergantian.
b. Konsep Acara
·
Lomba lintas
alam melewati lembah dan bukit
·
Terdapat
pos-pos sebagai check point
·
Satu tim
peserta terdiri dari tiga orang
·
Kategori
pertandingan Mahasiswa Putra/ Putri, umum Putra/Putri.
c. Pesan Utama
·
Mengingatkan
akan pentingnya keselamatan serta ketahanan dalam berkegiatan di alam bebas.
d. Host
·
Al Fathir
Muchtar
e. Person pendukung
·
Medina kamil
sebagai Brand Ambassador.
f. Waktu dan Tempat
·
Jawa Barat,
dikaki gunung manglayang pada tanggal 17 Maret 2012
·
Sumatra, di
kaki gunung Sibayak Medan pada tanggal 21 April 2012
·
Kalimantan,
dikaki gunung Liangpran KalTim pada tanggal 26 Mei 2012
g. Durasi
Diadakan selama 3 bulan, dimana setiap
bulannya diadakan di pulau yang berbeda. Persiapan acara selama 27 hari dan
pelaksanaa 2 hari.
h. a. Repetisi
· Dibuat acara serupa dengan konsep dan tema berbeda, dan tujuan utamanya untuk mempertahankan produk dipasar.
· Dibuat acara serupa dengan konsep dan tema berbeda, dan tujuan utamanya untuk mempertahankan produk dipasar.
membantu banget, thankzzzz
BalasHapus