Sabtu, 05 Mei 2012

Contoh PROPOSAL PRODUK, PROSPEKTUS DAN RENCANA KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU


A.  
     
  1. Latar  Belakang Produk
Produk ini dibuat untuk memberikan kenyaman lebih kepada para pecinta alam/ para pendaki gunung dalam penggunaan tas gunung dan memberikan kenyaman dalam membawa alat-alat perlengkapan mendaki gunung kedalam satu alat yaitu tas gunung/carrier. Dari pengalaman para pengguna tas gunung, mereka menerangkan bahwa banyak tas-tas gunung yang mereka gunakan mudah sobek dan terkadang ketika terkena air hujan, kain meresap air sehingga masuk ke dalam tas, kemudian menjadi mudah cepat rusak. Ketika membuka bagian dalam tas barang-barang bawaan menjadi lembab dan makanan menjadi berbau. Bahu mereka juga dapat menjadi sakit karena bahan busa yang kurang berkualitas. Oleh karena itu muncul suatu ide untuk membuat Tas Gunung/ Ransel (Carrier) yang tahan terhadap air hujan, tidak mudah bau dan lembab pada bagian dalam karena memakai bahan khusus dan tentunya mengedepankan keselamatan pendaki.

  1. Kategori Produk
Produk ini dibuat dalam satu jenis kategori, yaitu dalam kategori Tas Gunung/Carrier.

  1. Posisi Produk
Posisi produk adalah mengikuti produk yang sudah ada ( Follower) , namun lebih mendalam pada pengembangan/ lebih disempurnakan dari produk yang sudah ada.

  1. Keunggulan Kompetitif Produk
Keunggulan dari Tas Gunung/ Ransel (Carrier) ini adalah tahan terhadap air hujan dan air tidak meresap kedalam tas, tidak mudah bau dan lembab pada bagian dalam karena memakai bahan khusus dan tentunya mengedepankan keselamatan pendaki.

  1. Proses produksi
Proses produksi dilakukan di pabrik dengan tenaga para pengrajin tas lokal plus beberapa orang teknisi. Untuk bahan baku busa diambil dari bahan lokal, namun untuk kain bagian dalam dan luar bahannya diimpor dari luar negeri.

  1. Cara Menggunakan Produk
Cara penggunaan tas gunung sama seperti biasa. Tas ditaruh pada bagian punggung/ belakang.

  1. Nama Produk (MERK)
a.       Latar Belakang Merk
Nama produk ini adalah Resistech. Latar belakang dari merk ini adalah mengambil dari bahasa inggris resis yang berarti suatu ketahanan yang kemudian diperindah dengan tambahan kata tech. selain mudah untuk didengar, juga untuk menjadi ciri khas yang menandakan bahwa ini adalah produk unggulan dari perusahaan.
b.      Arti Merk
Arti dari resistech sendiri adalah dari kata resis dan tech. Resis berarti ketahanan yang melambangkan tas gunung yang memiliki ketahanan air dan gesekan. Tech merupakan kata tambahan untuk memperindah, tech sendiri yang berasal dari technologi.
c.       Warna Merk
Warna dasar dari produk ini sendiri adalah hitam. Hitam dipilih karena melambang kan suatu produk yang memiliki suatu kehebatan. 
d.      Logo Merk
Logo merk adalah bentuk arah mata angin di dalam suatu lingkaran
                                
e.       Bentuk Merk
Bentuk Merk yang ditulis menggunakan huruf harlow solid italic melambangkan suatu kesatuan yang utuh tanpa ada perpecahan.

f.       Filosofi logo
Logo arah mata angin yang berada di dalam sebuah lingkaran adalah melambangkan bahwa didalam suatu pendakian selalu ditunjukkan pada jalan yang benar dengan melihat kompas. Kemudian tambahan tagline “always be explore” dengan menggunakan huruf bauhaus 93 melambangkan kebebasan kita dalam menjelajaahi alam.


  1. Positioning Merk
a.       Citra 
Priority of Safety and Resilience”

b.      Personality
Produk ini dibuat dengan membentuk citra produk yang tahan akan gesekan, benturan, pastinya mengutamakan keselamatan bagi penggunanya, serta tas yang tahan air, tidak bau pada bagian dalam,dan mudah untuk dibersihkan. Inovasi ini yang diharapkan dapat menjadi citra di produk ini dan yang selalu melekat di pikiran konsumen.

  1. Nama Perusahaan
Nama perusahaan ini adalah PT. Asri Senjaya
a.       Bidang Usaha
Perusahaan ini bergerak di bidang industri outdoor activity, tas gunung/carrier. Sebuah pabrik yang mempekerjakan beberapa pengrajin tas lokal.
b.      Klasifikasi usaha
Perusahaan ini adalah perusahaan yang bergerak di industri outdoor activity, tas gunung/carrier. Untuk saat ini memfokuskan pada pembuatan tas gunung.
c.       Bentuk Perusahaan
Bentuk dari perusahaan ini adalah PT (Perseroan Terbatas)
d.      Proyeksi Perusahaan
Kedepannya perusahaan ini mempunyai proyeksi untuk menjadi salah satu penghasil dan pemasok tas gunung yang terbesar di Indonesia  bahkan Internasional.

B.  Prospektus
  1. Demografi
a.       Usia
Segmentasi produk ini untuk usia 20 – 40 tahun. Orang-orang di usia itu cenderung lebih tertarik pada hal baru serta tantangan.
b.      Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan yang diharapkan adalah para Mahasiswa dan lulusan  S1.
c.       Jenis Kelamin
Untuk laki-laki maupun wanita, karena memang tidak mempunyai batasan.
d.      Sosial Ekonomi status
Golongan yang diharapkan adalah kelas A, dimana kelas menengah keatas yang menggunakan produk ini.
e.       Letak Geografis
Produk ini dipasarkan dikota-kota besar di Indonesia, Pemilihan konsumen di kota-kota besar karena memang konsumen di kota-kota besar lebih banyak yang berasal dari golongan menengah ke atas.

  1. Psikografis
a.       Gaya hidup
Konsumen yang berasal dari kota besar, yang cenderung memiliki gaya hidup yang menyukai kenyaman, lebih tertarik dan senang pada suatu tantangan dan memiliki gaya hidup yang cenderung selektif.
b.      Budaya yang Dianut
Konsumen yang diincar adalah konsumen yang memiliki gaya hidup tinggi. Lebih kepada konsumen yang selektif daripada konsumen yang konsumtif.



  1. Pola Pembelian
a.       Grosir/eceran
Produk ini tersedi pada toko-toko outdoor pada semestinya dan tidak menganut sistem eceran.
b.      Cash/kredit
Pola pembeliannya dilakukan dengan cash atau tunai.

  1. Perilaku Konsumen
Konsumen yang membeli produk ini memiliki berbagai macam motif, baik mereka yang memang membutuhkan. Konsumen yang diincarpun adalah para konsumen yang memiliki gaya hidup selektif, yang suka membeli berdasarkan perasaan “butuh”. Konsumen yang diincar adalah konsumen yang berdomisili di kota-kota besar karena orang-orang di kota itu juga memiliki gaya hidup selektif serta mengutamakan keselamatan dalam beraktifitas.

C.  Rencana Komunikasi Pemasaran Terpadu
  1. Posisioning Pesan
“priority of safety and resilience”
Penempatan isi pesan dalam iklan ini baiknya pada media internet, dan cetak, dimana memang sebagian besar para organisasi dan komunitas pecinta alam menghabiskan waktu pada media itu atau paling sering menggunakan media itu.

  1. Sasaran Pesan
Sasaran iklan ini kepada para Organisasi/komunitas pecinta alam yang ada dikampus serta orang-orang yang hobi mendaki gunung.

  1. Strategi komunikasi
Menggunakan komunikasi kelompok, dan komunikasi organisasi karena produk ini memang akan diperkenalkan bagi kalangan komunitas maupun organisai pecinta alam

  1. Strategi Media
Lebih kepada media lini atas seperti internet dan majalah karena media-media ini merupakan media favorit bagi organisasi/komunitas pecinta alam saat ini.

  1. Budgeting
Untuk kegiatan selama 1 tahun:
1)      3 bulan pertama, dilakukan perkenalan produk lewat iklan di internet  dan  Majalah dengan biaya 50 juta rupiah.
2)      3 bulan berikutnya Mengadakan Event Akbar. Lomba Lintas Lembah dan Bukit se-Jawa, Sumatra, dan Kalimantan yang diadakan secara bergantian. Dengan biaya 100 juta rupiah
3)      6 bulan terakhir, membuat event yang isinya tentang produk ini. Bisa membuat games-games atau melakukan sharing dengan para organisasi ataupun komunitas pecinta alam..

  1. Implementasi Pesan pada Media
Pesan berupa tagline “always be explore”

  1. Program Komunikasi
a.       Acara
Mengadakan Event Akbar. Lomba Lintas Lembah dan Bukit se-Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Yang diadakan secara bergantian.
b.      Konsep Acara
·         Lomba lintas alam melewati lembah dan bukit
·         Terdapat pos-pos sebagai check point
·         Satu tim peserta terdiri dari tiga orang
·         Kategori pertandingan Mahasiswa Putra/ Putri, umum Putra/Putri.
c.       Pesan Utama
·         Mengingatkan akan pentingnya keselamatan serta ketahanan  dalam berkegiatan di alam bebas. 
d.      Host
·         Al Fathir Muchtar
e.       Person pendukung
·         Medina kamil sebagai Brand Ambassador.
f.       Waktu dan Tempat
·         Jawa Barat, dikaki gunung manglayang pada tanggal 17 Maret 2012
·         Sumatra, di kaki gunung Sibayak Medan pada tanggal 21 April 2012
·         Kalimantan, dikaki gunung Liangpran KalTim pada tanggal 26 Mei 2012
g.      Durasi
Diadakan selama 3 bulan, dimana setiap bulannya diadakan di pulau yang berbeda. Persiapan acara selama 27 hari dan pelaksanaa 2 hari.
h.     a.       Repetisi
         ·         Dibuat acara serupa dengan konsep dan tema berbeda, dan tujuan utamanya untuk mempertahankan produk dipasar.

1 komentar: